Daftar iPhone Tak Kebagian iOS 17, Ada HP Anda?

CEO Apple Tim Cook memamerkan iPhone SE baru yang menampilkan 5G dan chip A15 Bionic selama acara khusus di Apple Park di Cupertino, California, AS, Selasa (8/3/2022). (Brooks Kraft/Apple Inc./Handout via REUTERS)

 Apple dijadwalkan bakal merilis sistem operasi iOS 17 pada Juni 2023 mendatang. Menurut beberapa bocoran, sistem operasi itu akan membawa banyak peningkatan, utamanya dari sektor keamanan dan perbaikan bug.

Sayangnya, tak semua lini iPhone dan iPad yang bakal merasakan peningkatan tersebut. Laporan MacRumors menyebutkan, ada beberapa perangkat yang kemungkinan besar tak bisa update.

Laporan ini berdasarkan sumber dalam yang disebut “punya rekam jejak terbukti untuk hal pembaruan software,” dikutip Rabu (5/4/2023).

iPhone dan iPad Tak Kebagian iOS 17

  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone X
  • iPod Pro Gen-1 9,7 inci
  • iPad Pro Gen-1 12,9 inci
  • iPad Gen-5

Sepertinya, iOS 17 tak lagi kompatibel untuk mayoritas perangkat yang masih ditenagai chip A11 Bionic atau lebih lawas. Satu-satunya pengecualian adalah iPad generasi ke-6 dan ke-7 yang sejatinya masih pakai chip A10 Fusion.

Diketahui, iPhone X diperkenalkan pada 2017 lalu atau 7 tahun sebelum perilisan iOS 17. Agaknya 7 tahun merupakan waktu yang lumayan wajar bagi pengguna untuk memperbarui perangkat, jika ingin mendapatkan sistem operasi terbaru.

Pasalnya, jika software tidak diperbarui, keamanannya akan lebih rentan untuk berbagai serangan siber yang akhir-akhir ini makin kencang beredar.

Pekan lalu, beredar rumor yang menyebut bahwa iOS 17 akan membawa fitur yang ditunggu-tunggu pengguna. Kabarnya, fitur itu memungkinkan pengguna mengunduh aplikasi melalui toko aplikasi pihak ketiga atau disebut sideloading.

Namun, segala bocoran ini belum dikonfirmasi langsung oleh Apple. Kita tunggu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*