Kripto Masuk Industri Kreatif, Ini Fungsi dan Perannya

Representation of the Bitcoin virtual currency standing on the PC motherboard is seen in this illustration picture, February 3, 2018. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Indonesia Creative Economy Festival 2023 (ICREFS 2023) yang diprakarsai Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dianggap sukses dan bakal diselenggarakan di Bulgaria pada tahun 2024 mendatang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (PAREKRAF) Sandiaga Salahuddin Uno mengaku ini merupakan langkah besar bagi ekonomi kreatif Indonesia. Konakami Digital Indonesia yang merupakan salah satu sponsor pada acara festival ekonomi kreatif bertaraf nasional pertama di Indonesia ini menambahkan jika Ekonomi Kreatif di Indonesia akan mampu bersaing di pasar Internasional.

CEO PT Konakami Digital Indonesia sekaligus CO Founder Degree Crypto Token (DCT), Dobby Lega Putra menyampaikan bahwa kemajuan teknologi digital saat ini yang salah satunya ditunjukkan dengan cepatnya perkembangan industri blockchain dan aset kripto di Indonesia memiliki hubungan yang sejalan dan timbal balik dengan perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia.

Salah satu contohnya dalam hal pengembangan Aset Kripto karya anak bangsa Degree Crypto Token (DCT) sendiri beserta Ekosistemnya, Dobby mengakui bahwa hampir seluruhnya melibatkan peran dari berbagai sub sektor Industri Kreatif didalamnya, seperti: sektor Aplikasi, Games, Design Grafis, Videografi dan Photografi serta lainnya.

Oleh karena itu, sinergi dan Kolaborasi diantara para pelaku dari kedua Industri ini harus semakin ditingkatkan dan dikelola dengan baik serta bijak agar menghasilkan output yang maksimal atau seperti yang diharapkan. Dan tentu peran serta dari Pemerintah selaku fasilitator sekaligus regulator di kedua Industri ini dibutuhkan di dalamnya.

Yang pada akhirnya, diharapkan Industri Aset Kripto dan Industri Ekonomi Kreatif Indonesia bisa terus berperan dalam pembangunan sekaligus juga menjadi pilar bagi perekonomian nasional Indonesia, baik dari penciptaan lapangan kerja baru maupun menjadi sumber devisa bagi negara, ungkap Dobby.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*