Mantan Menpora Zainudin Amali Jadi Komisaris Bank Mandiri

Presiden Joko Widodo menerima Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 1 November 2022. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pemegang saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyetujui mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali sebagai Komisaris perseroan. Selain itu, perseroan juga mengangkat mantan anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Heru Kristiyana menjadi komisaris independen menggantikan Boedi Armanto.

“Keputusan tersebut diambil pemegang saham setelah melalui pertimbangan yang matang dan berdasarkan kualifikasi serta pengalaman yang dimiliki,” kata Direktur Utama BMRI Darmawan Junaidi dalam RUPST, Selasa (14/3).

Mengutip laman Kemenpora, Zainudin Amali mengenyam pendidikan formal di Akademi Perbankan dan Akuntansi, Jakarta tahun 1986. Lalu lanjut Sarjana Ekonomi di STIE Swadaya, Jakarta tahun 1992. Magister Kebijakan Publik di Universitas Prof. Dr. Moestopo, Jakarta tahun 2016. Doktor di Bidang Ilmu Pemerintahan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jakarta, tahun 2019. Dan Profesor Kehormatan Bdiang Ilmu Kebijakan Olahraga (Sport Policy} pada Fakultas Ilmu Keolahragaa Universitas Negeri Semarang (Unnes), Semarang tahun 2022.

Sementara Zainudin Amali juga pernah menjabat sebagai Anggota Komis VII, Anggota Komisi IV dan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR-RI Periode 2004-2009 dari Daerah Pemilihan Gorontalo.

Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI Periode 2009-2014 dari Daerah Pemilihan Jawa Timur VI (Kab. Kediri, Kab. Blitar, Kab. Tulungagung, Kota Kediri dan Kota Blitar)

Anggota Komisi III, Anggota Komisi VIII. Anggota Komisi I, Anggota Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKASP) dan Ketua Komisi II DPR-RI Periode 2014-2019 dari Daerah Pemilihan Jawa Timur XI (Kab. Bangkalan, Kab, Sampang, Kab. Pamengkasan dan Kab. Sumenep)

Ketua Fraksi Partai Golkar MPR-RI Periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan Jawa Timur XI (Kab. Bangkalan, Kab, Sampang, Kab. Pamengkasan dan Kab. Sumenep)

Menteri Pemuda dan Olahraga pada Kabinet Indonesia Maju, tahun 2019 hingga 2023.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*