Mobil Listrik Termurah BMW Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 1,4 M!

Jakarta – Mobil listrik BMW iX1 resmi meluncur di Indonesia pada Jumat (2/2/24). Hadir sebagai compact Sport Activity Vehicle (SAV), iX1 menjadi mobil listrik termurah yang dijual oleh BMW Group Indonesia.
Kehadiran iX1 menunjukkan komitmen BMW Group Indonesia dalam hal pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air. Hal ini ditegaskan oleh Ramesh Divyanathan selaku President Director BMW Group Indonesia.

“BMW X1 adalah model penting bagi BMW Indonesia. Model ini tawarkan pengalaman berkendara yang sporty menyatu dengan keserbagunaan BMW X di segmen kelas kompak premium. Bulan Juni lalu, kami meluncurkan BMW X1 terbaru dan mendapatkan respon yang sangat positif. Hari ini, kami hadirkan BMW X1 full-listrik: BMW iX1, untuk pertama kalinya. Kami berharap kendaraan full listrik terbaru ini dapat penuhi kebutuhan pelanggan khususnya di segment SAV kompak premium,” ujar Ramesh.

Secara umum, iX1 hadir dengan desain yang identik dengan BMW X1 generasi terbaru. BMW iX1 yang dijual di Indonesia merupakan varian eDrive20 M SPORT.

Mobil ini, menggendong motor listrik generasi kelima BMW eDrive technology yang menggerakkan dua roda depannya. Mobil listrik ini diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 204 HP dan torsi 250 Nm.

Dengan motor listriknya ini, iX1 juga diklaim dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 10,5 detik. Sedangkan kecepatan maksimalnya dibatasi hingga 170 km/jam.

Untuk urusan baterai, BMW menggunakan teknologi Lithium-ion untuk iX1 ini. Kapasitas baterainya 64,8 kWh dan diklaim dari pengujian WLTP dapat menempuh jarak 430-475 km dalam satu kali pengisian penuh.

Bicara soal pengecasan, BMW mengklaim iX1 dapat dicas menggunakan pengecasan AC dengan daya maksimal hingga 22 kW sebagai opsi dan 11 kW sebagai standar.

Selain itu, mobil ini juga dapat dicas dengan pengecasan cepat dan langsung alias DC dengan daya maksimal hingga 130 kW.

“Pengisian daya AC tiga fase dengan output hingga 22 kW tersedia di BMW iX1. Ini mengurangi waktu pengisian daya menjadi 3:45 jam. Baterainya dapat diisi menggunakan arus searah dengan daya hingga 130 kW. Status pengisian baterai dapat ditingkatkan dari 10 menjadi 80 persen dalam waktu 29 menit di stasiun pengisian cepat,” tulis BMW di keterangan resminya.

Secara dimensi, iX1 punya ukuran yang identik dengan X1 dengan panjang total 4.500 mm, lebar 1.845 mm, dan tinggi 1.642 mm. Jarak sumbu roda mobil ini tembus 2.692 mm.

BMW Group Indonesia menjual mobil listrik ini dengan harga yang sangat kompetitif. Harga mobil listrik BMW iX1 Rp 1.447.000.000 dalam status off the road.

Di pasaran, BMW iX1 menantang langsung Mercedes-Benz EQA yang dijual dengan harga Rp 1.540.000.000 off the road. Mobil listrik kompak andalan Mercy tersebut hadir dengan jarak tempuh 476 KM dalam sekali pengecasan penuh dan motor listrik bertenaga 190 HP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*