Orang RI Siap Bawa Dolar Pulang, Bank di Singapura Bisa Panik

(CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Bank Indonesia (BI) baru saja merilis instrumen operasi moneter Term Deposit Valuta Asing Devisa Hasil Ekspor (TD Valas DHE). Instrumen ini dipercaya mampu menarik semua dolar eksportir yang selam ini diparkir di Singapura.

TD Valas ini akan memungkinkan perbankan yang ditunjuk menerima simpanan valas ekspor untuk memberikan bunga yang kompetitif bagi eksportir. Pasalnya, dari perkiraaan Bahana Sekuritas, BI dapat memberikan suku bunga deposito berkisar antara 4,6% – 5,2% dengan tenor satu sampai enam bulan. Dari data CNBC Indonesia, Suku bunga tersebut lebih tinggi dari yang diberikan perbankan Singapura di kisaran 4,12% – 4,68%.

Gubernur BI Perry Warjiyo telah menegaskan semakin tinggi nilai deposito dan lamanya para eksportir memarkirkan DHE-nya di perbankan tanah air, maka suku bunga yang akan diterima akan semakin besar.

“Eksportir kami akan berikan suku bunga yang kompetitif dengan luar negeri,” jelas Gubernur BI Perry Warjiyo dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2023, Selasa (28/2/2023).

Aturan mengenai TD Valas DHE tertuang di dalam PBI No. 24/18/PBI/2022 tentang Perubahan Kedua atas PBI No. 21/14/PBI/2019 tentang Devisa Hasil Ekspor dan Devisa Pembayaran Impor.

Term deposit valas merupakan instrumen penempatan DHE SDA oleh eksportir melalui perbankan yang langsung diteruskan kepada BI. Perry juga menuturkan bahwa BI akan memastikan tidak hanya para eksportir yang akan diberikan insentif. Perbankan yang berhasil menarik eksportir untuk memarkirkan DHE-nya juga akan diberikan fee agent.

Selain itu, valas yang diterima oleh perbankan tidak akan diperhitungkan sebagai komponen Dana Pihak Ketiga (DPK), sehingga tidak dihitung sebagai Giro Wajib Minimum (GWM) dalam valas dan Rasio Intermediasi Makroprudensial (RIM).

Lantas, siapa saja perbankan yang akan melayani penempatan DHE yang terhubung dengan TD Valas BI?

Ke-20 bank tersebut diantaranya Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Central Asia (BCA), Bank CIMB Niaga, Bank Danamon Indonesia, Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), PT PAN Indonesia Bank, Tbk.

Ada juga Bank DBS Indonesia, Bank Maybank Indonesia, Bank Mizuho Indonesia, Bank OCBC NISP, Bank Permata, Bank UOB Indonesia, Standard Chartered Bank, Bank Of China, Citibank, N.A., Indonesia. Selain itu, para eksportir juga bisa menaruh dolarnya di JP Morgan Chase Bank, Bank ICBC Indonesia, dan MUFG Bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*