Pengumuman: 4 Astronaut NASA Siap Berangkat ke Bulan

(Kiri-Kanan) Astronot Jeremy Hansen, Victor Glover, Reid Wiseman dan Christina Hammock Koch berdiri di atas panggung setelah dipilih untuk misi Artemis II yang akan menjelajahi Bulan selama konferensi pers yang diadakan oleh NASA dan CSA di bandara Ellington di Houston, Texas, pada 3 April 2023. - Bepergian dengan pesawat ruang angkasa Orion NASA selama Artemis II, misi tersebut adalah uji terbang berawak pertama di jalur agensi untuk membangun kehadiran ilmiah dan manusia jangka panjang di permukaan bulan. (MARK FELIX/AFP via Getty Images)

Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) makin dekat ke Bulan. Baru-baru ini, mereka mengumumkan 4 orang yang akan diboyong dalam misi tersebut.

Terdapat 4 orang yang dipilih. Satu orang bernama Christina Koch menjadi wanita pertama untuk misi ke Bulan dan Victor Glover merupakan astronaut kulit hitam pertama, dikutip dari BBC, Selasa (4/4/2023).

Pemilihan keduanya seakan menggambarkan NASA yang menempati janji untuk menghadirkan keragaman dalam misi eksplorasinya. Pasalnya seluruh misi berawak ke Bulan sebelumnya dilakukan oleh astronaut berkulit putih.

Namun untuk misi kali ini, para astronaut tak akan mendarat di Bulan. Pekerjaan 4 orang itu akan menjadi gerbang pembuka untuk pendaratan pada misi berikutnya.

Mereka akan terbang mengelilingi Bulan. Dijadwalkan peluncuran akan dilakukan sekitar akhir tahun 2024 atau awal 2025 mendatang.

Seluruh astronaut akan memulai periode pelatihan intensif untuk mempersiapkan diri. Berikut informasi keempat astronaut tersebut:

  • Reid Wiseman (47) : Dia adalah pilot Angkatan Laut AS dan pernah menjadi kepala kantor astronot AS. Wiseman juga pernah menerbangkan satu misi luar angkasa sebelumnya meluncur menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional tahun 2015.
  • Victor Glover (46) : Pria Afrika-Amerika ini merupakan pilot uji Angkatan Laut AS. Bergabung dengan NASA pada 2013, dia melakukan penerbangan antariksa pertama tujuh tahun kemudian.
  • Christina Koch (44) : Insinyur listrik ini memegang rekor terlama wanita di luar angkasa selama 328 hari. Dia dan astronaut NASA lain Jessica Meir ikut alam spacewalk pada Oktober 2019.
  • Jerem Hansen (47) : Astronaut asal Canadian Space Agency ini pernah menjadi pilot pesawat temput di Royal Canadian Air Force. Misi Artemis bakal jadi penerbangan antariksa pertama untuk Hansen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*