Pesawat TNI Wara-wiri di Langit Jakarta, Mau Perang?

Menjelang peringatan HUT Ke-77 TNI AU, yang dipusatkan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur (9/4/2023) mendatang, sembilan pesawat tempur EMB-314 Super Tucano Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang dan tiga pesawat tempur F-16 Fighting Falcon Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Magetan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (1/4/2023). (Instagram @militer.udara)

Sejumlah pesawat TNI AU pada hari ini, Rabu (5/4/2023) sekitar pukul 10.00 WIB terlihat sedang wara-wiri di atas langit Jakarta. Ada apa?

Diketahui, pesawat-pesawat tersebut sedang melakukan demo udara atau gladi kotor untuk mempersiapkan peringatan HUT ke-77 TNI AU pada 9 April 2023 mendatang. Rencananya, peringatan HUT ke-77 TNI AU akan digelar di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyampaikan, ada 2 pesawat jet Dassault berjenis Falcon 7X dan Falcon 8X buatan Prancis yang terbang lintas di langit Jakarta pada pagi hari tadi.

“Ada 2 pesawat (jet Dassault berjenis) Falcon 7X dan 8X yang terbang lintas,” kata Marsma TNI Indan kepada CNBC Indonesia, Rabu (5/4/2023).

Dia membenarkan bahwa pesawat yang terbang tersebut merupakan pesawat jet Dassault Falcon 7X dan 8X yang diresmikan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada akhir Desember 2022 lalu.

Pesawat Jet Dassault Falcon 7X dan 8X yang diresmikan Prabowo itu memiliki warna abu-abu dengan garis merah-putih di sepanjang badannya. Pada bagian ekor pesawat terdapat roundel atau tanda pengenal khas TNI AU.

Setelah diresmikan Prabowo pada akhir Desember 2022 lalu, ternyata Pesawat Jet Dassault Falcon 7X dan 8X sudah beberapa kali melaksanakan misi. Namun, untuk misi yang dimaksudnya, Marsma TNI Indan tak membeberkannya.

“Pesawat tersebut sudah beberapa kali melaksanakan misi. Pada saat kedatangan juga sudah diacarakan,” ujarnya.

Adapun unsur-unsur yang terlibat untuk memeriahkan perayaan HUT ke-77 TNI AU, yaitu 82 pesawat TNI AU dari berbagai tipe, mulai dari unsur tempur, transportasi, dan helikopter dengan melibatkan 271 penerbang dan navigator.

Sementara, peserta upacara, parade, defile, dan demo darat melibatkan sebanyak 1.346 personel yang terdiri dari Prajurit, PNS TNI AU, serta Karbol Akademi Angkatan Udara.

Upacara peringatan HUT ke-77 TNI AU akan dilaksanakan pada hari Minggu, 9 April 2023 mendatang, mulai pada pukul 08.00 WIB, di Lanud Halim Perdanakusuma, dan terbuka untuk masyarakat yang ingin melihat secara langsung.

Masyarakat juga dapat menyaksikan Gladi Bersih pada hari Kamis, 6 April 2023 besok.

Bagi masyarakat yang ingin melihat secara langsung, akses masuknya dapat melalui:

1. Pos Dirgantara dan Pos Makasar
Kendaraan dapat diparkir di Lapangan Skadron, selanjutnya akan diantar menggunakan Trans Halim.

2. Pos Trikora
Kendaraan dapat diparkir di lapangan tenis GOR Merpati Trikora atau Pasar Mini Indah, selanjutnya akan diantar menggunakan Trans Halim.

3. Pos Gapura
Kendaraan dapat diparkir di gedung Ardhyaloka, LKP, Griya, selanjutnya akan diantar menggunakan Trans Halim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*