Rencana Mark Zuckerberg Terbukti Gagal, Apple Malah Mau Tiru

Mark Zuckerberg menggunakan headset Holocake

Headset Virtual Reality (VR) belum digemari banyak orang hingga kini padahal ada banyak perusahaan teknologi yang berusaha mengembangkan hingga telah meluncurkan perangkatnya sendiri.

Pemimpin pasar perangkat VR saat ini adalah Meta. Induk perusahaan Facebook telah merilis headset pada 2020 lalu, Quest 2, namun pengiriman tahun lalu malah merosot.

Meta dilaporkan akan merilis headset generasi tebarunya lagi akhir tahun 2023 ini, dikutip dari CNBC Internasional, Rabu (5/4/2023).

Selain Meta, ada juga Apple yang berusaha mendapatkan tempat di industri ini. Produsen iPhone itu dilaporkan akan mengumumkan headsetnya paling cepat tahun ini.

Namun upaya para perusahaan memperkenalkan perangkatnya harus sedikit lebih ekstra lagi. Sebab berdasarkan penelitian terbaru, hanya sedikit orang yang menggunakan headset VR saat ini.

Survei dari Piper Sandler mengungkapkan hanya 29% dari remaja yang disurvei memiliki perangkat VR. Angka yang cukup jauh dibandingkan mereka yang memiliki iPhone sebanyak 87%.

Dari jumlah tersebut hanya 4% yang ternyata menggunakannya setiap hari. Angka yang tak terlalu besar juga terlihat pada penggunaan mingguan, yakni 14%.

Perangkat VR terbaru juga tak begitu menarik perhatian para remaja. Pada survei yang terlihat hanya 7% remaja yang berencana membeli headset, berbanding 52% dari mereka yang tidak yakin atau tidak tertarik membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*