Semakin Memanas, Swedia Usir Lima Diplomat Rusia!

FILE - In this March 28, 2014 file photo, a Russian national flag flies on a hilltop near the city of Bakhchysarai, Crimea. The Group of Seven major industrialized countries on Thursday March 18, 2021, issued a strong condemnation of what it called Russia's ongoing “occupation” of the Crimean Peninsula, seven years after Moscow annexed it from Ukraine. (AP Photo/Pavel Golovkin, File)

Hubungan Rusia dengan negara-negara barat terus semakin memanas. Teranyar, Swedia diketahui mengusir lima diplomat asal Rusia.

Mengutip AFP, Selasa (25/4/2023), Kementerian Luar Negeri Swedia menyatakan lima pejabat di Kedutaan Besar Rusia di Swedia diminta untuk meninggalkan negara itu. Pasalnya, lima orang itu melakukan kegiatan yang tidak sesuai sebagai seorang diplomat.

Kementerian luar negeri https://totojpslot.online/ tidak merinci sifat dari kegiatan tersebut, namun pengumuman itu datang kurang dari dua minggu setelah negara tetangga Norwegia mengusir 15 diplomat yang digambarkan sebagai petugas intelijen.

Pekan lalu, media lokal Swedia SVT melaporkan bahwa Rusia menggunakan kapal militer dan sipil untuk memata-matai perairan Swedia. Ini bagian dari program spionase yang merencanakan sabotase infrastruktur energi di Eropa Utara.

Pada April 2022, Swedia bersama dengan beberapa negara Eropa lainnya, mengusir tiga diplomat Rusia, dengan menteri luar negeri saat itu Ann Linde mengatakan bahwa mereka telah “melakukan operasi intelijen ilegal di Swedia”.

Dinas Keamanan Swedia sebelumnya mengatakan percaya setiap diplomat Rusia ketiga di negara itu bekerja untuk salah satu badan intelijen Rusia di bawah perlindungan diplomatik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*