Wanita Paling Berpengaruh di BUMN 2023

Cover Longform Wanita Paling Berpengaruh di BUMN 2023

Dunia akan memperingati Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day (IWD) pada tanggal 8 Maret, yang bertepatan pada hari Rabu Pekan ini. Indonesia juga akan memperingati Hari Kartini, pada tanggal 21 bulan depan. Dua momen ini adalah hari untuk memperingati perjuangan perempuan dalam mencapai kesetaraan gender dan hak-hak perempuan di seluruh dunia, dan tentu saja di Indonesia.

Indeks Ketimpangan Gender (IKG) Indonesia terus membaik sejak 2015. Pada 2015, IKG tercatat sebesar 0,466 poin dan berangsur turun menjadi 0,399 pada 2021. Membaiknya IKG terdorong oleh semakin besar keterwakilan perempuan dalam pelbagai aspek, seperti bidang politik, bisnis dan pendidikan.

Di dunia bisnis, khususnya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) keterwakilan perempuan semakin baik karena didukung oleh keberpihakan pemangku kebijakan. Hingga tahun 2021, tercatat Direksi BUMN Perempuan telah mencapai target 15 persen. Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan akhir tahun ini sebesar 25 persen Direksi BUMN adalah Perempuan.

CNBC Indonesia Research menelisik sepak terjang srikandi yang ikut menahkodai BUMN dan memilih 10 terbaik di antaranya, untuk dijadikan tema CNBC Indonesia Ratings bulan ini. Indikator pemilihannya bersifat kualitatif, dengan mempertimbangkan kontribusi para direksi wanita ini bagi kesuksesan perusahaan secara keseluruhan.

Ada 10 sosok direksi BUMN perempuan pilihan CNBC Indonesia, mulai dari Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati hingga Ketua Dewan Direktur/ Direktur Eksekutif LPEI Rijani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*