Waspada! HP Android di RI Sasaran Mata-Mata Internasional

Infografis: 1 Miliaran HP Android Terancam Malware, Ini Cara Menangkalnya

Indonesia merupakan salah satu negara yang jadi sasaran serangan mata-mata digital (spyware). Menurut laporan, kampanye peretasan banyak menargetkan para pengguna HP Android.

Lab Keamanan Amnesty Internasional menemukan celah keamanan tersebut. Semua orang juga didorong untuk melakukan pembaruan perangkat untuk mencegah adanya masalah di kemudian hari.

“Perusahaan spyware yang tidak bermoral menimbulkan bahaya nyata bagi privasi dan keamanan semua orang. Kami mendesak orang-orang untuk memastikan telah melakukan pembaruan keamanan pada perangkat,” kata Kepala Lab Keamanan Amnesty Internasional, Donncha O Cearbhaill, dikutip Selasa (4/4/2023).

Serangan dilaporkan telah ditemukan sejak tiga bulan lalu. Pada Desember 2022, temuan berhasil membuat Google menangkap rantai eksploitasi zero-day yang digunakan meretas perangkat Android.

Serangan tersebut memungkinkan peretas menembus keamanan ponsel, bahkan yang sudah ditambal dan diperbarui. Karena kerentanan ini tak diketahui oleh pengembang sama sekali.

Menurut laporan, pelaku akan mengirimkan spyware serta zero-day pada lebih dari 1000 domain berbahaya. Termasuk pada domain spoofing situs media untuk banyak negara.

Di Uni Emirat Arab, pengguna Android diserang dengan link yang dikirim lewat SMS. Saat diklik, link akan menginstal spyware pada ponsel korban.

Selain Indonesia, Lab Keamanan menjelaskan terdapat aktivitas tambahan spyware di sejumlah negara lain. Mulai dari Belarusia, UEA, dan Italia.

“Negara-negara ini kemungkinan besar hanya mewakili sebagian kecil dari seluruh kampanye serangan berdasarkan sifat ekstensif dari infrastruktur serangan lebih luas,” jelas unggahan di laman Amnesty.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*